Enduro Student Program Raih ICA 2017

3

satusatu.com – PT Pertamina Lubricants, program Corporate Sosial Responsibility bidang kemandirian masyarakat, Enduro Student Program(ESP), telah meraih penghargaan Indonesian CSR Awards (ICA) 2017 untuk kategori GOLD dalam Community Involvement and Development (CID) bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat Program Penciptaan Lapangan Kerja dan Peningkatan Keterampilan di Balai Kartini Jakarta. Penghargaan diterima langsung oleh Fitri Erika Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants.

Indonesian CSR Award (ICA) tahun ini, mengusung tema “Dukungan Pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 dan Adaptasi SNI ISO 26000:2013 Panduan Tanggung Jawab Sosial Bagi Dunia Usaha/Lembaga” dimana Corporate Social Responsibility Award (CSR Award) pertama kali diinisasi oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) pada tahun 2005 (1st cycle). Inisiatif perintis ini berbasis pada aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam menilai bidang program CSR best practice yang menekankan kolaborasi pada ketiga aspek bisnis triple bottom line dalam menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi isu-isu program pemberdayaan masyarakat.

Ajang penghargaan ini diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Komite Penilai ICA menganggap siklus program dari mulai tumbuh, berkembang, dan mandiri dirasa cukup dalam waktu 3 tahun dipersiapkan menjadi sebuah best practice (praktik terbaik) dalam mencapai keberlanjutan (sustainability).

PT Pertamina Lubricants mendapatkan penghargaan dalam tersebut karena telah menjalankan program inovasi CSR berbasis kemandirian ekonomi tenaga muda dan masyarakat indonesia dalam program kewirausahaan perbengkelan roda dua yakni “Enduro Student Program”.

“Kami juga telah berhasil menjalanan program Enduro Student Program dengan pendekatan “Creating Shared Value” dan sudah mengadopsi ISO 26000 Tentang Corporate Social Responsbility. ISO tidak hanya diterapkan pada program ESP, namun juga pada program pemberdayaan masyarakat dan kehayati lainnya di lingkungan operasi perusahaan baik di pabrik pelumas maupun di wilayah pemasaran.” ungkap Fitri Erika, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants.

Enduro Student Program adalah rangkaian kegiatan pelatihan dan kewirausahaan khususnya perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari enam SMK Otomotif unggulan di Cilacap terkait dengan keberadaan Production Unit Cilacap (PUC) di wilayah tersebut. Program tersebut telah resmi diluncurkan pada Juli lalu.

Program pelatihan ini merupakan program khusus pendidikan perbengkelan roda dua dan magang / bekerja yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel, kewirausahaan dan lingkungan dan perencanaan bisnis. Program ini melibatkan 21 siswa berprestasi yang memiliki minat kuat dalam usaha mekanik atau perbengkelan dan memiliki mimpi untuk membangun kemandirian masyarakat melalui usaha bengkel. Kini, sudah terdapat lima (5) bengkel mandiri roda dua di Cilacap.

Dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. Sebagai produsen pelumas nasional, peran bengkel dan mekanik khususnya telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara dan kemandirian masyarakat. Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here